siklus menstruasi pasca melahirkan

siklus menstruasi pasca melahirkan - bagaimana siklus haid atau datang bulan ketika pasca melahirkan? ini merupakan hal yang terjadi untuk wanita, namun ada baiknya juga sang suami bisa memahami hal ini, agar bisa mengatahui bagaimana proses itu semua. Terkadang ini juga yang banyak dicari, bagaimana siklus Menstruasi pasca melahirkan untuk wanita / perempuan.

Tapi juga banyak keluhan bagi setiap wanita / perempuan setelah melahirkan akibat kekurangan progresteron. Hormon progesteron berperan dalam mengatur siklus menstruasi dan menjaga kehamilan. Kadarnya di dalam tubuh akan turun setelah melahirkan dan sering menyebabkan berbagai keluhan pada wanita, baik secara fisik maupun kejiwaan.

Dalam mengatur siklus menstruasi, progesteron berkombinasi dengan hormon lain yakni esterogen. Hormon esterogen mendominasi komposisi hormonal di awal-awal siklus karena fungsinya membantu pematangan sel telur.

siklus menstruasi pasca melahirkan

Reproduksi mengalami siklus rutin di dalam tubuh setiap individu normal. Siklus reproduksi pada wanita ditandai dengan adanya menstruasi atau haid dan pria ditandai dengan keluarnya sperma yang sudah matang dan siap membuahi melalui lubang pada alat kelamin. Adapun menstruasi pada wanita secara normal terjadi setiap bulan. Namun pada kondisi tertentu menstruasi menjadi tidak normal siklusnya, salah satunya adalah pada kondisi setelah melahirkan. Sehingga tidak jarang banyak ibu yang meresahkan keadaan dimana pasca melahirkan belum kembali haid.

Perubahan siklus hormonal selama mengandung dan kembali ke dalam siklus normal ovulasi dan menstruasi berbeda antara individu satu dengan yang lain. Sehingga ada wanita yang langsung mengalami siklus haid normal langsung setelah selesai masa nifas, namun tidak sedikit wanita yang pasca melahirkan belum kembali haid. Semua kondisi tersebut normal. Hormon yang berperan saat menyusui pun dapat menjadi penghambat bagi aktivitas hormon ovulasi. Sehingga tidak jarang wanita tidak mengalami ovulasi selama menyusui. Oleh karena itu, ada pendapat bahwa masa menyusui dapat digunakan sebagai masa KB alami.

siklus menstruasi pasca melahirkan

Setelah anda melahirkan anda akan mengalami siklus menstruasi yang tidak  menentu, hal ini dialami  hamper semua wanita paska melahirkan . Wanita yang telah melahirkan akan mengalami menstruasi sedini mungkin sepuluh minggu setelah melahirkan akan tetapi ada kalanya kembalinya periode mungkin akan tertunda  5 sampai 6 bulan atau bahkan satu tahun.  Bahkan kemungkinan anda memiliki siklus yang tidak teratur selama beberapa bulan. Anda  sering bertanya-tanya apakah pola menstruasi setelah kehamilan akan sama seperti sebelum kehamilan. Hal ini tergantung pada faktor-faktor tertentu. Bisa saja di tentukan oleh respon tubuh yang dipengaruhi oleh hormon, perubahan pola  yang mengakibatkan perubahan siklus menjadi lebih lama (panjang). Periode setelah kehamilan bisa didahului oleh PMS seperti munculnya kram juga bisa dialami oleh beberapa wanita, namun ini biasanya akan pulih secara sendirinya tanpa bantuan obat-obatan.

Menyusui merupakan faktor utama yang mungkin memainkan peran dalam menentukan periode Menstruasi anda. Karena tubuh Anda cukup baru untuk fenomena menyusui, ia mencoba untuk menyesuaikan diri dengan adanya perubahan pada menstruasi Anda.Meskipun ini tidak  berlaku pada semua wanita. Hal ini karena ketika Anda sedang menyusui dipengaruhi oleh  kelenjar hipofisis mengeluarkan hormon yang disebut dengan prolaktin. Sementara prolaktin merangsang produksi susu, itu menekan ovulasi. Prolaktin juga merupakan penyebab di balik menstruasi yang tidak teratur setelah kehamilan.

Meskipun tubuh mulai berfungsi normal dalam beberapa bulan setelah melahirkan, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk kembali pada periode  menstruasi  yang semula tapi dengan adanya  perubahan gaya hidup tertentu yang berhubungan dapat membantu mengatur secara periode Anda. Mengikuti diet seimbang yang mengandung semua nutrisi penting dan mineral, dan melakukan latihan ringan, mengkonsumsi banyak air, mengkonsumis jus buah dan sayur  dan istirahat dan tidur yang cukup. Hindari merokok dan konsumsi alkohol. Jangan mengambil stres atau khawatir tentang periode menstruasi anda akan tetapi jika anda mengalami perdarahan berat atau gangguan lainnya anda bisa membicarakan langsung dengan dokter anda.

siklus menstruasi pasca melahirkan

0 Response to "siklus menstruasi pasca melahirkan"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak berkomentar yang sifatnya Promosi.

last post